Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Cek Daftarnya

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Perlu kalian ketahui, Ada banyak jenis makanan yang tidak boleh dimakan kucing. Saat kamu memutuskan untuk memelihara hewan ini, maka pastikan mengetahui apa saja makanannya.

Jadi nanti bisa membedakan mana makanan kucing yang bagus dan mana merk makanan kucing yang berbahaya.

Dan terkait makanan yang berbahaya ini, biasanya karena pakan tersebut tidak sesuai atau tidak dapat diolah oleh perut kucing dengan baik.

Sehingga akan lebih baik kalau misalkan tidak kita berikan ke anabul. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Betul tidak?

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Sebagai salah orang yang memutuskan untuk memelihara kucing, maka kamu tentu harus bertanggung jawab pada hidupnya, terutama sama kesehatan hewan ini.

Dan dalam proses menjaga kesehatannya, maka bisa dengan menghindarkan kucing dari beberapa jenis makanan yang memang tidak boleh.

Baca juga: 6 Cara Membuat Makanan Kucing Whiskas di Rumah yang Mudah

Sehingga nanti diharapkan tidak membuat anabul sakit dari dalam. Apalagi kalau sampai bikin muntah muntah, kan malah berabe.

Makanya jangan sampai kalian kasihkan yah?

Berikut adalah jenis makanan yang tidak boleh dimakan kucing.

1. Produk Olahan Susu Manusia

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan kucing pertama adalah berbagai produk olahan susu.

Contohnya seperti yoghurt, keju, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, cari tahu apakah makanan yang akan kau berikan tersebut termasuk produk olahan susu atau tidak.

Baca juga: Apakah Kucing Boleh Makan Keju?

Jika tidak, maka aman-aman saja saat ingin memberikannya. Susu sendiri masih boleh kalian berikan ketika kucing masih kecil.

Terutama kepada anakan kucing sehingga susu tersebut memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, seiring bertambahnya umur usahakan untuk tidak mengonsumsi produk olahannya.

2. Telur Mentah

Telur memang termasuk bahan makanan yang mengandung banyak protein. Terutama pada kuning telurnya. Bahkan Kuning telur untuk kucing itu bagus loh.

Akan tetapi, makanan tersebut mengandung avidin yang merupakan sebuah enzim untuk membuat kemampuan tubuh kucing dalam menyerap vitamin B atau biotin menjadi berkurang.

Terus ada juga resiko berupa terkontaminasi sama bakteri E coli atau salmonella.

Makanya untuk mencegah hal hal semacam itu, jangan berikan telur mentah ke kucing. Akan lebih baik jika kasihkan dalam bentuk yang sudah matang.

Atau campurkan dengan bahan lain, ini mirip seperti pada tutorial cara membuat makanan kucing tempe dan telur.

3. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Makanan lainnya yang perlu kalian hindarkan adalah bawang putih dan bawang bombay.

Kedua jenis bawang tersebut ada baiknya tidak diberikan kepada hewan ini. Terlebih, kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang cenderung lebih sensitif jika daripada anjing.

Baca juga: Kucing Makan Tempe Rebus & Goreng, Bolehkah?

Dan kebetulan, bawang termasuk bumbu dapur yang tidak cocok dengan pencernaan anabul. Selain itu, kandungan yang ada di dalamnya juga berpotensi merusak sel darah merah.

Hal tersebut hanya akan menyebabkan kucing mengalami anemia atau kekurangan darah merah.

4. Tulang

Masih banyak orang yang sampai saat ini memberikan tulang sebagai makanan dari kucing. Padahal, tulang ikan maupun tulang ayam hanya akan membuat mereka tersedak.

Walaupun tulang tersebut sudah hancur, tetap saja bisa merusak usus kucing.

Terlebih kucing sendiri termasuk hewan yang memang tidak mempunyai kemampuan khusus dalam memproses atau mengolah tulang dalam perut mereka.

Jika tulangnya terlalu besar atau terlalu keras, maka hal ini juga dapat menyebabkan gigi-gigi kucing menjadi rusak.

5. Kopi

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing lainnya adalah kopi.

Bahan ini memang mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi oleh manusia dapat meningkatkan mood atau semangat saat ingin beraktivitas di waktu pagi.

Akan tetapi, kandungan kafein di dalam kopi tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jika kau berikan kepada kucing.

Pasalnya, dapat menjadikan kucing kejang-kejang, sesak napas, gemetar, detak jantung meningkat, hingga hiperaktif.

6. Seafood Mentah

Bahan makanan yang satu ini termasuk tidak bersahabat bagi perut kucing. Pasalnya, seafood mentah masih mengandung enzim tiaminase

Enzim tersebut dapat menyebabkan kucing menjadi kekurangan kadar tiamin atau vitamin B yang berperan penting dalam tubuh mereka.

Sudah tahu beluma? 8 Jenis Makanan Kucing Selain Ikan Yang Recommended

Akan tetapi, apabila Anda masih ingin memberikan seafood kepada kucing maka usahakan untuk memasak atau mengolahnya terlebih dahulu sampai matang.

Dengan begitu, enzim yang terkandung tersebut akan berubah menjadi senyawa yang gak berbahaya.

7. Coklat

Coklat termasuk salah satu makanan produk nabati yang sebaiknya kalian hindari. Maksudnya saat mau beri makan kucing.

Kalau untuk kamu makan mah silahkan. Namun saat ingin menghidangkan ini sebagai pakan kucing. Misalkan dengan mencampurkan ke wet food kucing homemade, maka jangan sampai yah.

Meski ini manis, please jangan berikan coklat itu.

Sebab coklat mengandung methylxanthines. Senyawa satu ini cukup bahaya bagi hewan peliharaan. Bahkan dapat menyebabkan muntah, diare, tremor, kejang, hingga kematian.

Awas yah!

8. Kacang Kacangan

Pernahkah kalian mendengar makanan kucing bebas biji? Ya, semboyan itu tentu ada karena alasannya.

Dan alasan terkuatnya adalah terlalu makan produk biji bijian, maka kondisi kesehatan kucing jadi sangat rentan terkena penyakit.

Apalagi faktanya kalau anabul kan hewan karnivora. Jadi kenapa kalian berikan produk biji bijian. Kurang lebihnya kan gitu.

Tapi kalau terpaksa karena tidak mampu beli dryfood, ya apa boleh buat lah yah.

9. Alpukat

Meski beberapa buah bagus untuk kucing, namun tidak dengan alpukat. Sebab buah ini justru termasuk makanan yang tidak boleh dimakan kucing.

Alasannya karena lebih banyak yang gak cocok daripada yang cocok. Makanya daripada kalian coba dan berakhir dengan empus muntah atau diare, tentu akan lebih bagus kalau gak usah sekalian.

10. Anggur

Sebelumnya, kami pernah membahas mengenai kucing makan sayuran dan buah. Namun untuk anggur, ternyata masuk ke dalam makanan yang tidak boleh dimakan kucing.

Sehingga apapun alasannya, sebaiknya cegah itu. Kayaknya masih mending kalian perbolehkan kucing makan cicak daripada makan anggur.

Atau kalau mau, mending lihat ini saja “Cara Membuat Makanan Basah Untuk Kucing Yang Murah

Berbagai makanan yang tidak boleh dimakan kucing di atas tentu perlu Anda perhatikan dengan baik. Usahakan untuk menghindarkannya dari kucing agar tidak dimakan.

Berikan makanan yang lebih layak dan bergizi agar kesehatan hewan ini selalu terjaga.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *