Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Telur Mentah Untuk Kucing? Cek Manfaat & Efek Sampingnya 2024

telur mentah untuk kucing

Memberikan telur mentah untuk kucing menjadi salah satu tindakan yang cukup sering kita temui pada pemelihara di kampung. Khususnya yang jenis kucingnya juga berupa domestic.

Biasanya proses pemberian ini, bisa terlaksana karena adanya cocoklogi yang kerap terpikir sama kita kita. Ya termasuk saya lah.

Contoh cocokloginya adalah manusia saja minum telur mentah yang warna kuning jadi sehat dan lebih berstamina. Lantas masa kucing enggak?

Bahkan kuda atau hewan yang diperlombakan juga sering diberi begituan, masa buat kucing nggak bisa?

Nah hal semacam itu yang biasanya menjadi penyebab kenapa ada kasus pemberian telur mentah ke hewan peliharaan seperti empus.

Telur Mentah Untuk Kucing

Sebagai makanan alami yang dihasilkan oleh hewan unggas, telur memiliki banyak manfaat yang bener bener sangat berguna buat kesehatan dan stamina makhluk hidup.

Baca juga: Ikan Tongkol Untuk Kucing, Boleh Gak? Cek Penjelasan Disini

Salah satu kandungan nutrisi telur yang cukup tinggi adalah protein. Makanya bahan makanan ini juga dikaitkannya dengan stamina.

Kemudian terkait dengan kucing, pada dasarnya pemberiannya juga tujuannya seperti itu.

Misalkan pas kucing lagi sakit, biar cepet sembuh dan stamina cepet balik, dikasih lah telur.

Cuma sebenarnya hal semacam itu boleh gak sih? mungkin banyak juga yang penasaran, jadi silahkan cek saja penjelasan di bawah.

Bisakah Telur Mentah Diberikan Untuk Kucing?

Memberikan telur mentah untuk kucing adalah hal yang sebaiknya kamu hindari, sebab dalam kondisi seperti itu, rawan sekali ada bakteri yang ikut masuk ke dalam perut.

Maka dari itu, selalu berikan telur dalam kondisi matang. Ini sejalan juga dengan penjelasan dari Purina.co.uk.

Yang mana dalam web tersebut dijelaskan kalau “kucing boleh makan telur, tapi hanya secukupnya dan selalu dimasak”.

Jadi memang para ahli juga sangat tidak menyarankan.

Bahkan sebelumnya admin juga pernah membahas mengenai kuning telur untuk kucing. Nah kalau mau tau lebih lanjut, bisa langsung ke artikelnya saja.

Manfaat Telur Mentah Untuk Kucing

Telur memang memiliki banyak nutrisi yang benar benar akan berguna bagi tubuh. Misalnya saja, protein hewani, lemak, vitamin (A, B, D, K), kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan lain sebagainya.

Intinya banyak yang bisa kamu dapatkan dari sebuah telur. Namun urusannya sama kucing, kira kira bakalan ada kegunaanya gak yah?

Baca juga: Madu untuk kucing: Takaran, Manfaat, & Dosis Terbaru

Berikut adalah manfaat telur untuk kucing:

1. Sumber Protein Alami

Seperti yang sudah admin sebutkan, kalau misalkan telur memiliki banyak sekali protein. Jadi kamu bisa memberikannya sebagai cemilan tambahan selain dari makanan utamanya.

Yang penting itu, jangan berikan telur mentah untuk kucing. Melainkan yang matang saja.

Baca juga: Kucing Makan Kecoa Apakah Bahaya? Apa Efeknya? Cek Yuk..

2. Sumber Vitamin Hewani

Kucing kan memang harusnya makan daging dagingan. Namun yang jadi masalah, daging jarang sekali ada vitaminnya.

Padahal vitamin sangat dibutuhkan kucing. Jadi dari pada mengkonsumsi sayuran yang jelas jelas gak bakalan doyan, akan lebih baik untuk berikan telur matang.

Setidaknya itu akan lebih bermanfaat.

Apalagi kamu juga bisa mencampurkannya dengan makanan utamannya. Seperti Makanan Kucing Nice atau yang lainnya.

3. Penambah Stamina Saat Recovery

Setelah kucing mengalami sakit, biasanya kan tubuhnya lemas. Nah kamu bisa berikan telur layaknya manusia, di mana kalau manusia makan kuning telur, nanti bisa ngejreng.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kadar dan cara pemberiannya. Untuk takaranya cukup sedikit saja.

Baca juga: Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing Yang Benar Bagaimana Yah?

Sementara dalam hal pemberian, sebaiknya campurkan dengan makanan utamanya.

Kalau ada, malah sebaiknya campurkan ke makanan kucing basah.

Efek Samping Telur Mentah Buat Kucing

Selain memberikan manfaat, ternyata telur mentah untuk kucing juga bisa bikin dia jadi sakit loh.

Hal tersebut bisa saja terjadi saat kamu memberikan secara berlebihan. Atau justru tidak sesuai panduan yang sudah diberikan.

Bisa juga, seperti yang dijelaskan oleh purina.co.uk, kalau malah dapat terkena penyakit alergi. Sebab memang tidak semua kucing bisa memakan bahan makanan ini.

Tapi ya meski begitu, telur tidak kami masukan ke dalam makanan kucing yang berbahaya.

Kembali ke pembahasan, berikut efek samping telur mentah untuk kucing:

  • Menyebabkan Alergi

Seperti yang dijelaskan oleh situs kucing terkemuka, beberapa kucing yang alergi telur, bisa mengalami gejalan berupa kulit gatal. Jadi hati hati yah.

  • Muntah

Apabila pencernaan anabul gak cocok sama telur. Tidak menutup kemungkinan kalau kucingmu bakalan muntah.

Ini sama halnya dengan kasus kucing makan cicak yang bisa saja muntah kalau tidak terbiasa.

  • Diare

Jika telur tersebut sudah berhasil empus telan. Kemudian ternyata pencernaanya cukup asing dengan bahan makanan ini. Maka bisa di keesokan harinya saat mau pup jadi diare.

Ini kasusnya mirip mirip kayak kalau kamu habis ganti makanan, terus gak cocok, kan gejalanya bisa begitu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bisa menjawab semua pertanyaan yang kalian miliki yah.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *