Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Ikan Tongkol Untuk Kucing, Boleh Gak? Cek Penjelasan Disini

ikan tongkol untuk kucing

Memberikan ikan tongkol untuk kucing memang masih menjadi perdebatan akan boleh atau tidaknya. Terlebih bagi ras kucing yang memang kita ambil dari peternakan, bukan dari alam liar.

Pastinya mereka kan terbiasa memakan cat food yang berasal dari pabrik. Bukan dari daging fresh semacam ikan tongkol atau ikan tuna.

Ya meski banyak juga merk makanan kucing yang sudah memasukan daging ikan tersebut, namun faktanya kan itu tidak seberapa.

Maksudnya hanya sekian persen dari total bahan bahan yang mereka masukan.

Ikan Tongkol Untuk Kucing

ikan tongkol untuk kucing

Ikan tongkol adalah salah satu dari sekian jenis ikan yang kerap di tangkap sama nelayan. Sebenarnya ada banyak jenis lainnya. Namun yang cukup sering dibeli adalah tongkol.

Dan oleh sebab itu, dari pembelian tersebut, tidak menutup kemungkinan untuk sebagian-nya catslover kasih ke kucing.

Makanya akhirnya banyak yang jadi tanya. Mengenai bagaimana kucing yang makan ikan laut tersebut.

Kira kira nantinya bakal dapat manfaat atau efek samping. Mungkin itu yang ada dipikiran kalian kan?

Jika memang begitu adanya, simak penjelasan yang bakal badilag berikan.

Apakah Kucing Boleh Makan Ikan Tongkol?

Kucing boleh makan ikan tongkol asalkan bukan yang versi ikan asinnya. Jadi yang masih belum melalui proses pengawetan. Lalu penyajiannya, kamu hidangkan dalam kondisi sudah matang.

Ini juga sejalan dengan penjelasan yang diberikan oleh situs terkemuka, bernama webmd.com.

Yang mana di dalam artikel tersebut sudah mereka jelaskan kalau kucing boleh saja mengkonsumsi ikan tuna semacam itu. Yang penting atur agar tidak terlalu banyak dan jangan setiap hari.

Sebab kalau terlalu over, dapat menyebabkan kucing keracunan merkuri. Makanya dalam makanan kucing kemasan pun, tidak serta merta berisi ikan tuna doang kan?

Baca juga: Madu untuk kucing: Takaran, Manfaat, & Dosis Terbaru

Mereka memang sengaja campur dengan bahan lain agar tidak kebanyakan daging tunya. Selain itu, dengan mereka campurkan, tentu bakalan lebih lengkap nutrisinya.

Oh ya, perlu kamu ketahui, Ikan tuna dan ikan tongkol itu sama saja yah.

Bolehkah Kucing Makan Ikan Rebus Setiap Hari?

Kucing boleh saja makan ikan tongkol rebus setiap hari, bahkan bukanya jenis ikan itu saja. Ikan air tawar seperti ikan lele, ikan bawal ataupun yang lainnya juga boleh.

Apalagi secara gizi, Ikan termasuk hewan dengan kandungan protein tinggi. Sehingga cocok sekali untuk Anda berikan kepadanya.

Yang penting selalu pastikan kalau duri ikan sudah kalian bersihkan agar tidak tersedak. Kemudian soal ikan asin juga perlu dihindari.

Jadi asalkan itu ikan rebus yang masih alami tanpa pembarian garam atau yang lainnya. Maka sah sah saja untuk Anda berikan.

Apakah Ikan Tongkol Bagus Untuk Kucing?

Ikan tongkol sangat bagus untuk kucing asalkan nanti kamu campurkan dengan makanan lain agar nutrisinya lebih seimbang. Porsinya juga kamu atur agar tidak terlalu banyak.

Sebagai contoh, misalkan siangnya kamu kasih ikan tongkol dan wet food, maka di sore dan paginya bisa kasih dry food.

Pokoknya kombinasikan saja biar tidak serta merta ikan tongkol doang.

Makanan Kucing murah

Baca juga: 10 Merk Makanan Kucing Yang Berbahaya & Penjelasannya

Kadang kala, kalau dikampung bahkan ada yang mencampurkan dengan nasi. Ya serius!

Jadi nanti kucing makan nasi dan ikan tongkol rebus yang di bejek bejek biar nasinya ikutan berbau amis. Alhasil bisa kemakan sampai habis.

Ini memang menjadi salah satu trik pecinta kucing ketika mau berbagi makanan ke kucing rumah atau kucing liar yang tidak ada pemiliknya.

Makanya memang sangat tidak kami sarankan untuk ditiru. Apalagi nirunya ke kucing ras mahal. Wah itu kacau sekali.

Yang ada nanti bisa bisa kesehatan kucingmu terganggu. Kenapa? Sebab kucing ras mahal kan gak terbiasa makan nasi, jadi pencernaan-nya juga beda sama kucing kampung.

Ya biar lebih jelas, bisa melihat ke artikel Bolehkah kucing makan nasi?

Apakah Ikan Tongkol Membuat Bulu Kucing Rontok

Selama yang kamu berikan adalah ikan tongkol murni, bukan yang sudah mengalami proses pengawetan, maka tidak akan menimbulkan efek samping berupa bulu rontok.

Sebaliknya jika itu berupa ikan asin, maka sudah jelas akan membuat bulu kucing jadi rontok parah.

Sepert contohnya ikan cue yang sering diasinin, nah itu hindari. Sementara kalau yang fresh, ya jelas boleh. Atau biar lebih jelas, bisa lihat “Ikan cue untuk kucing”.

Kembali ke masalah tongkol. Jadi gitu yah, kuncinya adalah tidak boleh asin. Kalaupun nanti kamu masak, gak usah kasih bumbu apa apa.

Rebus saja juga cukup.

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kucing

Mungkin disini masih ada yang belum tahu akan manfaat apa saja yang bakal kalian dapat ketika memberikan ikan tongkol untuk kucing.

Memang pada dasarnya, kebanyakan proses pemberian ini hanya beralasan karena naluri. Bukan pengetahuan yang mendalam.

Ya contohnya saya. Awalnya pas belum tahu, tak pikir kucing kan karnivora, atau pemakan daging.

Alhasil kalau makan tongkol bakalan gak papa. Kan itu daging juga, toh ia doyan.

Baca juga: Kucing Makan Kecoa Apakah Bahaya? Apa Efeknya? Cek Yuk..

Namun semenjak berlalunya waktu, ya akhirnya sadar juga. Kalau naluri yang di alami ini, sudah berjalan dengan benar.

Karena ternyata ada banyak manfaat ikan tongkol untuk kucing. Dan untuk daftarnya adalah sebagai berikut:

1. Sumber Protein Hewani Alami

Sebagai hewan pemakan daging, tentu asupan protein harianya haruslah banyak.

Baca juga: Kucing Makan Udang, Boleh Gak Sih? Cek Penjelasannya Disini

Dan dengan mengkonsumsi ikan tongkol, tentu kebutuhan empus akan nutrisi tersebut bisa kamu penuhi.

Dan yang terpenting lagi, ini adalah protein alami dari hewan. Jadi mau kucing Anda jenis Persia, Anggora, Kampung atau yang lainya.

Maka sah sah saja untuk Anda beri ikan.

2. Menjadi Sarana Pengganti Nasi Kucing

Jika selama ini kamu suka memberikan nasi kepada empus, maka ketika mau dialihkan ke Dryfood cat, bisa dengan selingan ikan tongkol ini.

Jadi misalkan kamu mau kasih makanan kucing nice, nah itu bisa kamu berikan pas pagi. Sementara siangnya kasih ikan tuna. Dan malamnya boleh dry food cat lagi.

3. Mempertahankan Insting Kucing Sebagai Karnivora

Seperti yang sudah kalian ketahui, semakin kesini, makanan kucing semakin bergeser ke arah nabati.

Bahkan tak jarang saya melihat tetangga kasih kucing makan nasi dan ikan tongkol. Dan di lain tempat, kadang juga melihat kucing makan rumput.

Jadi ya bener bener kayak udah mulai ke arah omnivore (pemakan segala).

Maka dari itu, dengan rutinya memberikan tongkol, misalkan 2 hari sekali lah, itu dapat membantu kucing jadi doyan sama daging ikan maupun makhluk hidup lainnya.

Atau mau coba ajari kucing makan burung liar?

Ok sekian, semoga bermanfaat yah.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *