Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Air Madu untuk kucing: Takaran, Manfaat, & Dosis Terbaru

madu untuk kucing

Pemberian madu untuk kucing masih suka menjadi perdebatan seru mengenai boleh atau tidaknya melakukan hal tersebut.

Salah satu dokter hewan di Amore Animal Clinic mengatakan hanya madu murni (raw) tanpa bahan pemanis buatan dan kandungan lain yang boleh kamu berikan untuk hewan.

Karena madu yang tidak murni, biasanya mengandung gula, tentu dzat tersebut tidak baik untuk tubuh hewan. Maka dari itu harus lebih hati-hati dalam memilih madu.

Walau begitu, tetap saja madu memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kucing.

Madu Untuk Kucing

madu untuk kucing

Tidak bisa dipungkiri, madu adalah salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat karena nutrisinya begitu lengkap.

Baca juga: Kucing Makan Kecoa Apakah Bahaya? Apa Efeknya? Cek Yuk..

Bahkan dalam agama Islam, madu terkenal sebagai obat penyembuh alami yang memang langsung dicontohin oleh Nabi Muhammad.

Makanya setelah adanya ilmu pengetahuan, akhirnya perkataan dan contoh dari Nabi itu terbukti. Karena nutrisi yang ada didalamnya benar benar luar biasa.

Tapi itukan buat manusia. Lalu bagi kucing bagaimana?

Apakah Madu Baik Untuk Kucing

madu untuk kucing

Sebenarnya memberi sedikit madu untuk kucing adalah sah sah saja. Tidak bakalan ada masalah yang bisa timbul. Namun beda cerita kalau pemberiannya secara berlebihan. Karena efeknya malah buruk.

Ya bagaimana tidak, manusia saja kalau kelebihan konsumsi madu juga gak bagus. Apalagi kucing, yak an?

Madu adalah salah satu jenis makanan dengan rasa manis yang luar biasa, dan rasa manis itu disebabkan oleh nectar yang dikumpulkan oleh lebah madu.

Baca juga: Kuning Telur Untuk Kucing: Manfaat & Dosis Terbaru

Jadi pada intinya adalah boleh kamu berikan asalkan tidak berlebihan. Terutama juga jangan secara langsung. Melainkan campurkan dengan air.

Takaran Madu Untuk Kucing

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah. Tidak hanya manusia, empus pun kalau kamu beri air madu, pastinya suka.

Tapi sesuai dengan apa yang sudah admin badilag.id jelaskan, kalau misalkan memberikan madu haruslah pakai takaran yang tepat. Jangan sembarangan apalagi sampai berlebihan.

Berikut adalah tips takaran madu untuk kucing yang benar:

  1. Untuk mencegah flu dan batuk, cukup berikan madu ke anabul sekitar 1/2 sendok teh dalam 2-3 kali seminggu. Lalu untuk pemberiannya, sebaiknya campurkan ke air minum
  2. Adapun untuk harian dan pencegahan dari terkenanya penyakit, kamu bisa coba campurkan ¼ sendok the madu dengan sedikit air. Atau beberapa tetes juga gak papa, asalkan ada saja

Kenapa takarannya sedikit? Sebab kalau kelebihan juga kan gak bagus. Apalagi faktanya di alam liar, kucing tidak akan mencari sarang lebah.

Jadi pemberian madu ini hanya ketika kucing di penangkaran saja. Ya tepatnya saat menjadi peliharaan manusia.

Baca juga: Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing: Dosis & Manfaat Terbaru

Oh ya, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas madu yang akan diberikan. Pokoknya usahakan membeli madu murni tanpa bahan kimia tambahan didalamnya.

Manfaat Madu Untuk Kucing

Banyak manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada madu. Namun, itu hanya bisa kita peroleh saat memberikan kadar yang tepat.

Baca juga: Makanan Kucing Nice: Review & Kelebihan Terbaru

Dan kalau kamu sudah tahu kadarnya, maka rasakan manfaat madu untuk kucing seperti yang ada di daftar berikut:

1. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Membantu meningkatkan nafsu makan adalah salah satu manfaat madu bagi anabul.

Makanan Kucing murah

Karna kandungan didalam madu memiliki banyak vitamin dengan rasa manis tentu akan membantu mendorong untuk meningkatkan rasa nafsu makan lebih tinggi.

Jika anabul sakit, anda bisa memberi air madu pada makanan ataupun minuman.

Dengan begitu, selain sebagai obat, tapi juga sebagai perangsang nafsu makan.

2. Meningkatkan Stamina

Mengonsumsi madu untuk meningkatkan stamina tidak hanya bisa untuk manusia tetapi juga hewan seperti kucing.

Kucing yang mengonsumsi madu akan sangat ampuh untuk mengurangi rasa lemas pada kucing.

Apalagi yang memiliki anabul super aktif dan jarang mau berdiam. Maka pemberian madu bisa menjadi cara untuk menjaga staminanya.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang lain yakni madu bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca juga: Habbatussauda untuk Kucing: Suplemen Alami untuk Anabul

Maka dari itu, jika anabul anda rutin mengonsumsi madu sesuai dosis yang tepat, tentu bakal membuat sistem pencernaannya sehat.

4. Mencegah Flu Dan Batuk

Efek madu sangat efektif dalam menghilangkan flu dan batuk pada malam hari dan meningkatkan kualitas tidur kucing.

Berikan saja madu sekitar ½ sendok teh dalam 2-3 kali seminggu. Adapun untuk pemberiannya, sebaiknya campurkan dengan air minum maupun wetfood.

Bahkan dalam beberapa sumber, mengatakan kalau pemilik memberi madu ke kucing sebelum tidur, maka secara berangsur angsur, kucing akan mengalami penurunan intensitas batuk.

5. Menyembuhkan Luka

Manfaat terakhir madu untuk empus adalah bisa menyembuhkan luka. Karna madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada kucing.

Tapi penyembuhannya ini bersifat dari dalam. Karena madu kan dikonsumsi. Jadi nanti akan bekerja dari dalam tubuh kucing.

Madu Untuk Kucing Flu

Flu adalah jenis penyakit yang umum di derita oleh anabul maupun hewan lainnya, oleh sebab itu flu harus segera ditangan dengan tepat.

Gejala umum yang biasanya terjadi dengan tanda-tanda bersin, hidung berlendir dan juga mata yang memerah serta mengeluarkan air.

Salah satu obat alami yang ampuh meredakan flu kucing yaitu dengan madu.

Baca juga: Efek Samping Makanan Kucing Beauty

Berikan madu ke kucing yang sedang flu sekitar ½ sendok the. Ini bisa kamu berikan dengan campuran air maupun ke makanan. Tapi kalau makanan, sebaiknya yang wet food.

Berikan madu secara bertahap sampai kesehatannya membaik. Ya cukup sehari sekali lah. Atau minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.

Semoga cepet sembuh yah.

Air Madu Untuk Kucing

Untuk pembuatan air madu untuk kucing itu sebenarnya mudah, karena tinggal campurkan antara madu dengan air. Campurkan antara air minum buat sehari dengan ¼ – ½ sendok teh madu.

Sesuaikan saja dengan ukuran dari kucingnya. Apakah termasuk ras tubuh kecil atau malah yang besar.

Kemudian mengenai Kandungan gizinya, yang paling tinggi itu ada pada madu raw(murni).

Baca juga: Kucing Makan Jagung, Apakah Boleh? Ini Manfaat Sebenarnya

Adapun Madu raw sendiri ialah madu murni yang belum disaring, dipanaskan dan dipasteurisasi. Jadi bener bener murni dari hasil panen.

Nah kamu dapat memilih madu yang seperti ini. Atau kalaupun yang sudah kemasan, usahakan agar mendapatkan yang murni.

Caranya adalah dengan melihat siapa yang jual. Kalau memang ia dipercaya dan banyak orang yang membelinya juga, ada kemungkinan itu bener bener asli.

Dosis Madu Untuk Kucing                           

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum memberikan madu adalah tidak semua anabul cocok diberikan madu. Dan alangkah baiknya selalu hati -hati dalam memilih madu.

Lalu mengenai dosis madu untuk kucing yang bisa diterapkan adalah ½ sendok teh dalam sekali pemberian. Dan umumnya akan di campur dengan makanan basah ataupun minumannya.

Cara Memberikan Madu Untuk Kucing

Hal lainya yang perlu kalian tahu adalah bagaimana cara memberikan madu untuk kucing yang benar.

Sebab tanpa melakukan ini dengan benar, tentu dikhawatirkan akan terjadi apa apa. Makanya penting sekali untuk selalu mengikuti panduan yang benar.

Adapun terkait panduan itu, berikut adalah penjelasan kami.

  1. Untuk konsumsi, kalian bisa mencapurkan madu dengan minum kucing atau makanan kucing
  2. Sementara untuk penyembuhan luka, bisa dengan mengoleskan air madu ke area luka

Baca juga: 3 Manfaat Kunyit Untuk Kucing Cacingan Yang Perlu Anda Tahu

Kira kira begitulah informasinya. Semoga bisa memberikan manfaat buat semuanya yah kawan.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *