Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing: Dosis & Manfaat 2024

cara memberikan minyak ikan pada kucing

Setiap owner tentu harus mengetahui cara memberikan minyak ikan pada kucing. Karena ada banyak manfaat yang nantinya bisa kalian dapat dari pemberian minyak ikan ini.

Makanya kalian sebagai catslover sejati, harus mengetahui ilmu yang satu ini, sebab tidak sedikit yang merasa sulit memberikannya.

Apalagi faktanya, ada beberapa anabul yang menolak atau bahkan lari ketika harus konsumsi suplemen alami berupa minyak ikan ini.

Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing

cara memberikan minyak ikan pada kucing

Berbicara mengenai minyak ikan, kalau untuk manusia sih jelas bermanfaat. Terus dalam proses komsumsinya juga mudah.

Baca juga: Habbatussauda untuk Kucing: Suplemen Alami untuk Anabul

Tapi apa jadinya jika ini kamu berikan kepada kucing. Tentu harus ada trik khusus agar berhasil kan?

Makanya pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan tutorial lengkapnya.

Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing Yang Benar

cara memberikan minyak ikan pada kucing 2

Cara memberikan minyak ikan pada kucing bisa dengan mencampurkan ke makanan mereka. Atau bisa juga dengan meneteskan minyak ikan ke mulut kucing menggunakan pipet.

Apalagi kebanyakan produk minyak ikan akan berbentuk kapsul, seperti vitamin rambut. Jadi owner cukup menggunting dan memasukannya ke dalam pipet.

Kemudian keluarkan cairan tersebut ke mulut kucing yang sedang menganga.

Tapi yang paling gampang sih ke makanan kucing saja.

Jadi misalkan kalian terbiasa pakai Snappy tom wet food, tinggal teteskan saja sesuai takaran. Lalu aduk sampai merata, baru nanti kasihkan ke empus kesayangan.

Dosis Minyak Ikan Untuk Kucing Dewasa Ataupun Kitten

Biasanya dalam 1 porsi makanan kucing dewasa, membutuhkan 2 – 3 kapsul. Sementara untuk kitten, cukup 1 kapsul. Dan khusus untuk kitten, sebaiknya campurkan ke wet food saja.

Oh ya, untuk kucing dewasa yang baru pertama kali, sebaiknya berikan setengah dosis dahulu. Baru nanti setelah dirasa bagus dan ada perbedaan yang mengarah ke positif, berikan seperti dosis diatas.

Ini juga berlaku bagi anak empus. Di awal pemberian cukup setengah, baru di hari kedua ketiga dan seterusnya, berikan 1 kapsul.

Jadi intinya adalah selain mengetahui cara memberikan minyak ikan pada kucing, juga harus tahu akan dosisnya juga. Biar gak salah kasih.

Pemberian Minyak Ikan Pada Kucing Berapa Kali Sehari

Pemberian minyak ikan pada kucing cukup dilakukan sekali sehari pada waktu pagi atau sore. Jadi bisa diawal mau beraktivitas (pagi) atau di akhir aktivitas (sore).

Alasan kenapa sebaiknya cukup satu kali adalah karena ini merupakan suplement tambahan. Jadi secara nutrisi, sebenarnya sudah empus dapatkan dari makanan utama.

Baca juga: Telur Mentah Untuk Kucing? Cek Manfaat & Efek Sampingnya

Sedangkan minyak ikan sifatnya hanya sebatas tambahan.

Selain itu, kalau dilihat secara fitrah alami tubuh kucing, mereka memang tidak terlalu banyak membutuhkan gizi yang ada di minyak ikan.

Makanya cukup sekali saja. Toh dalam makanan utama mereka, kadang ada campuran ikannya kan?

Jadi sebenarnya ini hanya untuk pelengkap saja.

Dan kalau ditinjau dari sisi ekonomi, ini juga jadi bisa lebih berhemat.

Manfaat Minyak Ikan Pada Kucing

Mengingat cara memberikan minyak ikan pada kucing sudah cukup mudah, jadi tak ada salahnya untuk selalu kamu lakukan kan.

Baca juga: 10 Daftar Ikan Yang Bagus Untuk Kucing, No 3 Tiada Sangka

Terlebih ada juga manfaat yang nantinya bisa anabul dapatkan.

Contohnya seperti menyehatkan kucing, menambah nafsu makan, meningkatkan stamina dan imun, serta membuat bulu jadi lebih bagus.

Atau jika kita uraian lebih lanjut tentang banyaknya manfaat dari minyak ikan, maka jadi semacam ini.

1. Mengobati Alergi Kulit pada Kucing

Kucing memiliki bulu yang lebat dan itu harus Anda jaga dengan baik. Bulu dan kulit kucing juga rentan mengalami infeksi.

Apalagi jika tinggal di tempat yang lembab dan tidak banyak aktivitas. Jadi untuk mengatasinya, kalian bisa praktekan cara memberikan minyak ikan pada kucing di atas secara rutin.

Baca juga: Madu untuk kucing: Takaran, Manfaat, & Dosis Terbaru

Jadi nanti efek dari minyak ikan ini akan mengobati alergi. Nah lama kelamaan akan menyembuhkannya.

Alhasil kucing jadi tidak merasa gatel karena alergi.

Cuma ya tentunya ini harus bersamaan dengan perawatan lain juga dari luar. Contoh penggunaan obat atau salep khusus.

2. Menyehatkan Kulit dan Bulu Kucing

Inilah manfaat lain yang paling terkenal dari minyak ikan yaitu bisa menyehatkan kulit dan bulunya.

Sebagaimana yang penulis jelaskan, kulit kucing rentan mengalami infeksi. Apabila memang sudah sehat maka akan jadi lebih bagus lagi saat konsumsi suplemen ini.

Apalagi untuk kucing tipe long hair dan berbulu lebat. Pastinya membutuhkan perawatan ekstra ketika mereka mengalami masalah.

Guna menghindari hal itu maka penting bagi para owner untuk melakukan pencegahan. Cukup dengan praktekan cara memberikan minyak ikan pada kucing secara rutin setiap hari.

3. Membantu Penyembuhan Penyakit Ginjal

Bukan hanya manusia yang bisa merasakan sakit ginjal namun juga kucing.

Terlebih lagi ketika ia salah konsumsi dry food atau air minum kotor. Penyakit ginjal ini membuat kucing jadi mudah lemas dan bahkan tidak sedikit yang mati.

Baca juga: 10 Merk makanan kucing yang berbahaya, Apa Saja?

Guna mengobati penyakit itu, owner perlu memberikan minyak ikan setiap hari. Berikan suplemen ini pada saat makan pagi dan sore.

Imbangi juga dengan konsultasi ke dokter hewan dan penggunaan obat atau perawatan lainnya.

Melalui hal itu maka kucing bisa lebih cepat sembuh dari penyakit ginjal.

4. Membuat Jantung Kucing jadi Lebih Sehat

Minyak ikan juga berperan besar dalam menyehatkan jantung kucing. Ini pun berhubungan erat dengan kolesterol dan tentu kucing bisa mengalaminya.

Minyak ikan itu sendiri merupakan bentuk kolesterol baik. Sehingga bisa menyehatkan kucing. Jadi jangan sampai skip atau melewati jam makan kucing tanpa minyak ikan.

Itulah cara memberikan minyak ikan pada kucing dan berbagai manfaat baiknya.

Semoga bisa jadi manfaat dan referensi terbaik bagi banyak orang. Jangan lupa sebarkan informasi ini ke teman-teman agar mereka juga mengetahuinya.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *