Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

8+ Makanan Berserat untuk Kucing, Cek Daftar Lengkapnya

makanan berserat untuk kucing

Tahukah kamu, kalau misalkan makanan berserat untuk kucing itu ada. Bahkan hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kucing, lho.

Sebab makanan berserat dinilai dapat menyediakan massa untuk memindahkan makanan. Beberapa makanan berserat yang dapat manusia fermentasikan juga bisa menjadi sumber energy.

Itulah kenapa Anda perlu tahu jenis makanan berserat buat anabul. Yang setidaknya Anda bisa berkontribusi untuk kesehatan si anabul.

Apalagi faktanya, untuk dryfood sendiri juga suka menyertakan bahan yang berasal dari tumbuhan loh. Terutama yang berbiji.

Jadi sebanarnya ini sah sah saja untuk kalian lakukan. Asalkan tahu takaran yang tepat saja.

Lantas, apa saja sih makanan berserat yang sehat buat anabul kesayangan?

Simak jawabannya di sini.

Makanan Berserat untuk Kucing

makanan berserat untuk kucing

Kucing makan sayuran ataupun buah memang bukan perkara baru. Setidaknya semenjak kucing mulai manusia pelihara, maka hal seperti itu jadi sedikit lumrah.

Ya walaupun sebenarnya banyak juga yang melarangnya.

Namun faktanya, di makanan kucing pabrik sendiri, sudah mencampurkan bahan bahan seperti itu.

Jadi jika kalian mau bikin wet food kucing homemade pakai bahan berserat kaya sayuran ya silahkan. Asalkan jangan berlebihan. Ketahui aturan aturannya.

Lalu terkait bahan apa saja yang boleh, berikut adalah beberapa makanan berserat untuk kucing yang bagus.

1. Wortel

Wortel tidak hanya terkenal sebagai makanan yang kaya akan serat, tetapi juga memiliki sejumlah kandungan yang sehat.

Mulai dari rendah kalori, sedikit lemak dan memiliki sejumlah vitamin C. Jadi cukup baik untuk dikonsumsi oleh si kucing

Namun, sebaiknya Anda tidak memberikan wortel secara mentah. Melainkan harus direbus dan campurkan pada makanan protein dan berlemak, seperti makanan Wet Food.

Kemudian terkait sama khasiatnya, kami sudah membahas secara khusus terkait manfaat wortel untuk kucing.

2. Dedak Gandum

Sebagai produk sampingan dari dedak gandum yang digiling, makanan satu ini seringkali dijual dengan harga murah bahkan dibuang.

Padahal, Dedak gandum bisa menjadi sumber serat dengan rasa yang baik.

Dedak gandum juga diklaim dapat menambah kalori kucing.

Makanan Kucing murah

Baca juga: Review Makanan Kucing Proplan Bebas Babi, Ini Komposisinya

Adapun kandungan makanan ini adalah 18,5 gram karbohidrat dan 12,5 gram serat. Meski begitu, Anda harus memberikannya dengan secukupnya saja.

Di dalam dryfood sendiri, gandum memang suka disertakan juga sebagai bahannya. Jadi memang secara pencernaan, ini sudah biasa.

3. Jagung

Kabarnya banyak yang memilih jagung sebagai bahan campuran makanan kucing. Namun Jagung yang aman untuk anabul ini, haruslah yang sudah kalian olah dulu.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa jagung yang manusia berikan dengan takaran yang tepat, maka kucing akan tetap sehat dan tidak terlihat memiliki efek buruk.

Mungkin untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis makanan berserat untuk kucing satu ini, kalian bisa cob abaca apakah kucing boleh makan jagung.

4. Labu

Makanan berserat untuk kucing selanjutnya ialah labu. Labu sendiri merupakan sumber vitamin dan serat yang baik bagi anabul.

Bahkan dinilai dapat membantu mengatasi masalah pencernaannya.

Baca juga: Apa Makanan Kucing Anggora Buatan Sendiri? Cek 9 Daftarnya

Tentunya labu yang dapat kucing makan adalah labu murni yang tidak menggunakan tambahan bumbu.

5. Brokoli

Tidak hanya sebagai sumber serat, tetapi juga memiliki kandungan yang rendah kalori dan kandungan antioksidan yang melimpah.

Hal ini membuat brokoli dinilai dapat melawan radikal bebas dalam kucing. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh para anabul.

Namun, Anda tidak boleh memberikan porsi yang berlebihan, cukup memberikannya sebagai camilan dengan jumlah kecil untuk waktu-waktu tertentu saja.

Atau cukup campurkan sama bahan wet food lainya. Ya pada intinya adalah jangan berikan begitu saja. Namun wajib dicampurkan.

6. Kacang Hijau

Ada banyak jenis makanan berserat untuk kucing yang aman buat anabul, termasuk kacang hijau.

Apalagi ia memiliki kandungan yang sama dengan wortel, yakni dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan kucing.

Kacang hijau maupun kacang polong bisa membantu mengendalikan berat tubuh si kucing.

Baca juga: 3+ Cara Mengolah Tempe Untuk Kucing Mencret Terampuh

Anda bisa memberikannya pada anabul dengan memasukkannya sebagai bahan campuran makanan hariannya.

Tapi kalau sudah terlanjur biasa memberikan makanan kucing bebas biji, maka hindari bahan yang satu ini. Ganti dengan yang lain.

7. Bayam

Bukan rahasia lagi jika bayam merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan zat besi. Bayam juga dikenal sangat rendah kalori.

Namun perlu kalian ingat, bayam ini rendah protein, jadi Anda bisa mencampurkannya pada makanan kucing yang memiliki kandungan protein cukup seperti daging.

Contohnya ya daging ayam. Sebab kucing makan ayam kan boleh. Jadi nanti perpaduan protein hewani dan serat tumbuhan, bakal bikin anabul tambah sehat.

8. Selada

Terakhir makanan berserat untuk kucing adalah Selada. Sayuran ini bisa membantu kucing agar dapat terhidrasi dengan cukup.

Atau bisa juga kalian jadikan sebagai bumbu.

Perlu Anda perhatikan dalam memberikan salada pada si kucing, yakni memilih selada dengan daun yang lebih gelap daripada pucat.

Jadi misalkan kalian sedang merebus daging ayam, bisa dengan menyertakan beberapa potong daun selada sebagai tambahan.

Nah, itulah beberapa makanan berserat untuk kucing yang aman buat mereka. Pastinya Anda harus bisa memenuhinya dengan cukup dan tidak berlebihan yah.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *