Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Umur Berapa Anak Kucing Bisa Makan Wet Food & Dry Food 2024

umur berapa anak kucing bisa makan

Memelihara kucing tidak boleh sembarangan, karena kamu juga perlu tahu umur berapa anak kucing bisa makan dari selain ASI.

Karena sejatinya saat kitten baru lahir, tentu belum bisa langsung makan seperti induknya.

Ia hanya bisa menerima ASI dari induknya. Atau kalau misalkan dipisah, maka yang bisa ia terima hanya berupa susu kucing.

Sementara untuk pemberian makanannya harus menunggu usia tertentu sampai pencernaanya kuat mencerna makanan padat.

Umur Berapa Anak Kucing Bisa Makan

umur berapa anak kucing bisa makan

Umur berapa anak kucing bisa makan makanan kucing menurut dokter hewan adalah sekitar umur 2 bulan. Dan itu sebaiknya mulai dari wet food dulu yang mudah tercerna.

Kebutuhan nutrisi anak kucing yang berumur kurang dari 2 bulan masih bergantung pada ASI induknya.

Baca juga: 10 Daftar Ikan Yang Bagus Untuk Kucing Terbaru

Pada umur tersebut kitten biasanya menyusu pada induknya untuk memperoleh nutrisi sekaligus sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Setelah melewati masa menyusui, yaitu sekitar 2 bulan lamanya, kamu bisa melatih anak kucing dengan memberikan makanan kucing yang lunak agar tidak membahayakan lambung perutnya.

Perlu kamu ketahui bahwa besar perut anak kucing hanyalah seukuran ibu jari manusia, sehingga hanya mampu menampung makanan dalam jumlah kecil.

Maka dari itu selain makanan yang lunak kamu juga harus memberi makan anak kucing dengan makanan dalam jumlah porsi yang sedikit.

Kamu bisa memberikan makanan kucing dengan mencampurkan susu untuk kucing agar memudahkan lidah kucing beradaptasi dengan makanannya.

Atau biar enak, sekalian kasihkan wet food for kitten.

Umur Berapa Anak Kucing Boleh Makan Wet Food

Umur berapa anak kucing bisa makan wet food menurut dokter adalah saat menginjak usia 2 bulanan. Catslover bisa mencoba memberikannya secara bertahap dari porsi paling kecil.

Kamu bisa mulai mencobanya dari sehari sekali sampai nanti bisa 3x sehari.

Baca juga: Ikan Cue Untuk Kucing, Bagus Gak? Cek Manfaat & Efek Sampingnya

Dan seiring bertambahnya umur kitten, yaitu 3 sampai 4 bulan kamu bisa memberikan wet food dalam porsi yang lebih banyak.

Pemberian makan wet food untuk anak kucing sangat bagus untuk kitten yang mempunyai kebiasaan perilaku jarang minum air.

Hal ini berguna untuk mencegah anak kucing mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Sebagai variasi, kitten yang berusia 3 sampai 4 bulan dapat diberi makan wet food dan dry food secara bergantian.

Misalnya saja pagi hari kitten sudah makan wet food, maka siang atau sore hari giliran makan dry food.

Baca juga: Apakah Boleh Kuning Telur Untuk Kucing? Lalu Manfaatnya Apa?

Selain itu wet food juga aman diberikan setiap hari untuk anak kucing. Asalkan wet food yang diberikan cocok dengan perut anabulmu.

Pada kondisi tertentu memberi makan wet food bahkan sangat bagus karena beberapa kucing memang membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak daripada kucing yang lainnya.

Hal ini terjadi apabila kucing mengalami kondisi seperti penyakit diabetes, ginjal, atau infeksi saluran kemih bagian bawah.

Penting untuk catslovers perhatikan agar selalu melihat kemasan atau kaleng wet food yang kamu berikan kepada anabul.

Jika kemasan atau kaleng wet food sudah kamu buka, maka harus habis pada waktu itu juga.

Hal ini karena wet food dapat terkontaminasi dengan udara luar dalam waktu beberapa jam saja dan dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan.

Kalaupun pada hari itu wet food tidak habis, maka kamu harus segera menyimpannya di lemari es. Itupun juga tidak boleh lama lama.

Umur Berapa Kitten Boleh Makan Dry Food

Umur berapa anak kucing bisa makan dry food menurut dokter hewan adalah saat menginjak 2 bulan lebih, atau tepatnya ketika gigi susunya sudah mulai tumbuh.

Karena gigi tersebut yang nantinya bakal kitten gunakan untuk mengunyah makanan kering kucing.

Lalu dalam pemberiannya, dry food juga harus kalian berikan dalam jumlah yang sedikit dan kalau merasa perlu, bisa campurkan dengan susu kucing.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Cek Kelebihan & Efek Sampingnya

Mengapa demikian? Karena meskipun gigi susu anak kucing sudah bisa buat mengunyah dan menghancurkan makanan kering, namun sistem pencernaannya masih sensitif.

Makanya perlu susu agar makanan kering menjadi sedikit lebih lunak dan tidak menggangu pencernaan kucing..

Atau paling tidak, beli dry food yang memang khusus buat kitten.

Sama seperti wet food, memberikan makan dry food juga dapat kamu variasikan secara selang seling agar anak kucing tidak bosan dengan makanannya.

Yang perlu kalian perhatikan jika kamu memberikan dry food adalah menyediakan air untuk minum di sebelah makanannya agar kebutuhan cairannya tetap terpenuhi.

Jangan biarkan kucing kekurangan cairan karena kamu lupa memberikan minum.

Sebab kalau misalkan terjadi dalam waktu yang lama, itu berpotensi membuat kucing mengalami masalah dengan kandung kemihnya saat usia dewasa.

Sekian pembahasan dari badilag.id mengenai umur berapa anak kucing bisa makan wet food dan dry food. Semoga bermanfaat!

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *