Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

8 Makanan Kucing Liar Yang Kerap Kita Jumpai Terbaru 2024

makanan kucing liar

Pastinya manusia sering menjumpai banyak kucing yang hidupnya tidak memiliki tuan, nah kira kira makanan kucing liar semacam itu apa yah?

Memang saya akui, banyak orang yang bertanya mengenai hal semacam itu. Seperti kucing liar itu tidurnya dimana, makannya apa, dan minumnya bagimana.

Pokoknya pertanyaan dasar seperti itu sering terlontar dari catslover. Bahkan saya sendiri juga kadang memiliki pertanyaan yang sama saat belum mengetahui kebenarannya.

Nah bagi banyak yang belum tahu makanan kucing liar itu mereka peroleh dari mana saja. Sebaiknya lihat beberapa informasi yang bakal admin sampaikan.

Makanan Kucing Liar

makanan kucing liar

Kucing liar itu sebenarnya bisa kita bedakan menjadi dua macam. Tapi ini menurut versi saya yah.

Adapun yang pertama adalah kucing liar perkampungan yang memang sering sekali berada pada sebuah perkampungan manusia.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Kucing Grain Free Berkualitas

Jadi dia hidup di lingkungan manusia tanpa pemiliki. Biasanya adanya kota besar yang padat penduduk. Tapi tidak jarang juga ada di pedesaan.

Secara umum, keberadaanya ada karena banyak orang yang membuang kucing tersebut dari lahir sehingga menjadi liar.  Lalu beranak pinak dan menjadi banyak.

Kemudian yang kedua adalah kucing liar yang ada di hutan, jadi ia jarang sekali masuk ke perkampungan manusia.

Dan yang bakal saya bahas adalah kedua duanya. Namun secara spesifik, lebih ke makanan kucing liar perkampungan yang jelas sering berinteraksi dengan manusia.

Adapun untuk daftar makanannya adalah sebagai berikut.

1. Daging Ayam

Kucing liar yang tinggal di perkampungan manusia tanpa pemilik, biasanya akan doyan sekali dengan daging ayam.

Baik itu yang direbus atau digoreng.

Walaupun sebenarnya saya telah secara khusus memberitahukan akan boleh atau tidaknya kucing makan ayam goreng.

Namun karena ini kucing liar, mereka pasti sudah pernah melahap semua jenis makanan. Termasuk ayam goreng, jadi khusus kucing liar perkampungan, maka gak papa.

Jadi kalau kamu mau beri makan anabul liar, bisa dengan kasih daging ayam saja. Karena ini termasuk salah satu makanan kucing liar yang paling favorit.

2. Nasi + Lauk

Berdasarkan pengalaman saya, baik yang melakukan secara langsung atau sekedar melihatnya, maka yang paling banyak dilakukan oleh catslover adalah memberikan nasi dan lauk kepada kucing.

Adapun lauk yang dimaksud adalah makanan apapun yang berbau amis. Misalnya daging ayam, daging sapi, daging ikan, dan lain sebagainya.

Umumnya mereka sengaja mencampurkan nasi dengan lauk amis tersebut agar nasinya ikutan amis. Alhasil semua yang kamu berikan akan kucing makan.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Cek Kelebihan & Efek Sampingnya

Dan kalau sudah seperti itu, kamu jadi gak perlu kasih daging terlalu banyak. Namun meski begitu, berkat campuran nasi, kucing jadi tetap kenyang.

Cuma ini tidak boleh kalian lakukan ke kucing hutan semacam macan akar, meong congkok dan lain sebagainya yah.

Baca juga: 7 Daftar Makanan Meong Congkok Atau Kucing Kuwuk Terbaru

Cukup berikan makanan kucing liar ini ke mereka yang tinggal di sekitar perumahan atau tempat tinggal kamu yah.

3. Tikus

Jika di daerah kamu masih sering ada tikus, berarti artinya populasi kucing di lingkunganmu masih kurang. Terutama kucing liar perumahannya.

Sebab secara naluri, kucing akan makan tikus. Jadi semakin banyak kucing, harusnya semakin sedikit juga tikusnya.

Benar bukan?

Bahkan terkait ini, saya pernah menemukan sarang tikus di gudang rumah. Lalu admin melihat ada sekitar 5 anak tikus yang kayaknya baru lahir satu dua harian yang lalu.

Kemudian admin secara sengaja menaruhnya ke piring. Dan tahukah kamu? Kalau ternyata kucing sangat lahap memakannya.

Bahkan malah terus mengong seperti meminta lagi. Padahal kan sudah habis. Makanya, tikus memang menjadi salah satu makanan kucing liar yang paling favorit.

Terkhusus tikus muda ataupun tikus anakan yang masih lembut dagingnya.

4.  Burung

Hewan liar lainya yang kerap menjadi sumber makanan alami dari seekor kucing adalah burung. Bahkan beberapa akali, saya berhasil memergoki kucing yang berhasil menangkap burung liar.

Makanya jangan heran kalau kalian juga melihatnya, sebab itu adalah hal yang wajar. Kucing makan burung itu normal guys.

Bahkan itu bisa menjadi sumber protein alami yang jelas bakal bikin tubuh anabul jadi lebih sehat dan kuat.

5. Tupai

Tupai adalah salah satu hewan yang kerap turun ke tanah guna mengambil buah atau makanan yang jatuh.

Sehingga kadang kala saat ia turun, malah kesergap sama anabul. Dan kalau sudah begitu, pastinya nasibnya bakalan menjadi santapan lezat bagi anabul.

Baca juga: Kucing Makan Buah: Daftar Buah Yang Aman & Berbahaya

Dan secara rantai makanan, tupai memang menjadi salah satu daftar mangsa yang kucing sukai.

6. Makanan Sisa Manusia

Meski terkesan gimana, tapi ini realita guys.

Perlu kalian ketahui bahwa kucing liar memperoleh makanan sehari-hari yang paling utama itu dari sisa makanan manusia yang terbuang di tempat sampah.

Baca juga: 10+ Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Terbaru

Bahkan banyak orang yang sering menjumpai ada kucing liar yang berada pada tempat sampah. Termasuk saya yang sering melihatnya pas lagi di kota kota besar.

Hal tersebut bisa terjadi karena kucing liar tersebut sedang mencari makanan sendiri. Kan sudah gak mungkin ia bisa menangkap burung, tupai, ataupun tikus di kota.

Sebab hal tersebut sudah gak ada. Terkhusus tikus got, ukuranya kerap hampir sama dengan kucing. Jadi mereka biasanya gak memakannya, karena resikonya malah kalah.

Jadi pilihan utamanya memang ada di sisa makanan manusia.

Misalnya jika seseorang membuang sisa nasi atau makanan ke tempat sampah maka kucing akan akan langsung kesitu, karena sudah menganggap hal tersebut menjadi sumber makanannya.

Tidak heran juga banyak kucing liar yang berada pada tempat pembuangan sampah.

Pokoknya kalau melihat yang begitu, biarkan saja. Karena itu menjadi salah satu jalan agar mereka bisa bertahan hidup ditengah sulitnya mencari makanan asli mereka.

7. Makan Hewan Kecil

Ternyata selain mengantungkan hidupnya pada makanan sisa maka kucing liar juga bisa memakan hewan kecil yang ditemuinya.

Pastinya kucing ini bisa memakan hewan tersebut secara langsung dan bisa jadi membunuh hama. Contohnya saja seekor kucing memakan cicak hasil buruannya sendiri.

Cicak menjadi makanan favorit kucing karena mudah untuk ditemukan pada kondisi alam bebas atau dirumah manusia.

Dengan demikian cicak ini menjadi santapan yang luar biasa bagi kucing untuk memenuhi kebutuhan makanannya.

Cuma ya memang karena ukurannya kecil, jadi kadang masih suka nyari sisa makanan manusia.

Tapi sebenarnya selain cicak, maka kucing suka juga menyantap hewan kecil lainnya yang lewat pada hadapannya seperti kadal, belalang atau hewan kecil lainya.

Dengan demikian jika mengetahui bila ada kucing yang mengejar hewan tersebut, ya biarkan saja karena untuk bertahan hidup. Kondisi ini sudah sangat wajar dalam kehidupan.

Jangan gara gara karena kasian sama burung atau tupai, malah jadi ganggu kucing yang berburu. Padahal itu adalam siklus alami mereka.

8. Mendapatkan dari Pemberian Orang Baik Hati

Makanan kucing liar yang berikutnya, biasanya berasalah dari pemberian orang baik hati. Dimana ini biasanya berkaitan erat dengan kegiatan street feeding.

Baca juga: 10 Makanan Kucing Anggora Terbaik Untuk Dewasa & Kitten

Apalagi jika ada sebuah komunitas pencinta kucing memiliki jumlah anggota banyak dan solid, mereka kerap memberikan makanan kepada hewan liar.

Hal tersebut terjadi karena dorongan dari rasa iba kepada hewan. Apalagi mereka memang secara terang terangan mengaku sebagai pecinta kucing.

Nah itulah beberapa daftar makanan kucing liar yang kerap kita temui dan bisa kamu jadikan sebagai referensi saat mau memberikannya juga.

Pokoknya jika ada makanan sisa, maka dari pada membuangnya, akan lebih baik bila memberikan pada kucing yang liar.

Sebab itu sudah pasti akan berguna bagi hidup kucing ini. (Tapi dengan catatan kalau ini makanan amis semacam daging dagingan yah).

Demikian informasi mengenai makanan kucing liar yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *