Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Kucing Makan Daging Sapi: Penyajian & Manfaat Terbaru 2024

kucing makan daging sapi

Kucing makan daging sapi di alam liar memang nyaris mustahil. Sebab perbedaan ukuran antar keduanya benar benar jauh.

Setidaknya besar sapi bisa setara 10x lipat besar kucing. Bahkan meski kucing hutan sekalipun.

Cuma yang bakalan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah mengenai kucing rumahan yang makan daging. Salah satunya daging sapi, nah itu kiranya bagaimana yah?

Kalau pengin tahu yang sebenarnya, cek langsung ke bawah.

Kucing Makan Daging Sapi

kucing makan daging sapi

Daging sapi banyak kita jumpai disekitaran kita. Apalagi faktanya itu terjual secara bebas di pasar.

Baca juga: Apakah Kucing Makan Keju Craft, Cheddar, Prochiz & Mozarella Itu Boleh?

Ya bagaimana tidak, daging sapi merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Bahkan termasuk dalam kategori makanan halal.

Makanya penyebarannya hampir menyeluruh ke penjuru Indonesia. Dan karena hal itu pula, tentu kamu sering membelinya kan?

Terus sekarang, pas kamu lagi makan daging sapi, eeh malah empus minta. Nah itu kira kira bagaimana yah?

Apakah Kucing Boleh Makan Daging Sapi?

Kucing boleh makan daging sapi, baik yang masih mentah maupun sudah mateng. Cuma kalau mau yang mateng, jangan dibumbui sama bumbu manusia. Dan kalau mentah, pastikan masih segar.

Setidaknya kalau mau memberikan daging sapi mentah yang kamu beli di pasar. Cuci dahulu sampai bersih, lalu baru berikan ke empus.

Baca juga: Kucing Makan Roti Tawar, Gandum, Coklat, Boleh Gak? Update

Tapi pastikan ia sudah terbiasa makan makanan mentah juga yah. Misalnya kaya ras kucing hutan.

Sementara kalau tidak terbiasa, ya jangan. Mendingan rebus aja tuh daging. Lalu baru berikan ke empus kesayanganmu. Ok?

Manfaat Daging Sapi untuk Kucing

Setelah kamu tahu akan boleh atau tidaknya seekor anabul mengkonsumsi daging sapi.

Sekarang, mari kita bahas manfaat daging bagi kucing. Terlebih daging sapi mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan tubuhnya.

Jadi silahkan lihat manfaat apa saja yang bisa kucing dapatkan kalau makan daging sapi.

1. Sumber Protein Hewani Alami

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik, selain dari yang biasa anabul tangkap semacam burung, cicak, dan lainya.

Keberadaan protein bagi kucing sangatlah penting, karena membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh mereka. Terlebih bagi seekor kitten.

Ya setidaknya kamu bisa memberikannya setelah gigi kucing sudah cukup banyak.

2. Sumber Zat Besi Alami

Daging sapi juga mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Makanya dengan memberikan ini, tentu bisa membuat produksi darah merah jadi stabil.

3. Sumber Vitamin

Tahukah kamu kalau di dalam daging hewan ini, terdapat banyak vitamin B, termasuk vitamin B12 dan niacin, yang penting untuk kesehatan kucing.

Adapun fungsi Vitamin B12, misalnya untuk mendukung fungsi saraf dan membantu kucing tetap aktif.

4. Sumber Makanan Alternatif Selain Makanan Kemasan

Jika kamu ingin membuat sebuah menu yang selang seling, bisa ambil opsi daging sapi. Karena pastinya kucing bakalan doyan, dan manfaatnya juga banyak.

Cuma memang harganya sedikit mahal. Mungkin kalau budget terbatas, bisa ganti dagingnya.

Yaitu daging unggas. Tenang saja, kucing makan ayam juga bisa kok. Bahkan itu bisa kamu campurkan dengan wet food cat juga.

Baca juga: Felibite Makanan Kucing: Review, Kandungan & Kelebihan

Cara Memberikan Daging Sapi kepada Kucing

Berbeda dengan makanan kucing kemasan yang bisa langsung kamu sajikan, kalau daging hewan tidak demikian.

Baca juga: Apakah Kucing Boleh Makan Bakso? Ini Penjelasan Yang benar

Paling tidak ada dua opsi yang bisa kalian pilih. Yaitu memberikan dalam kondisi mentah dan segar. Atau kamu olah dulu dengan metode perebusan atau kukus.

Namun jika bingung, bisa coba ikuti tata cara memberikan daging sapi kepada kucing di bawah ini:

  1. Potong kecil kecil daging sapi
  2. Atau bisa ambil opsi dengan dicincang atau diblender
  3. Rebus atau kukus daging sampai matang
  4. Campurkan dengan wetfood jika itu baru pertama kali
  5. Namun kalau sudah terbiasa, bisa sajikan tanpa campuran wetfood

Adapun pemberiannya jangan setiap hari dari pagi sampai sore yah. Kalaupun mau setiap hari, cukup beri sekali makan, sisanya makanan yang kayak biasa.

Tapi kalau kucingmu ras yang seperti kucing hutan, artinya bisa setiap hari dan harus mentah. Namun perlu dipastikan masih segar juga sih.

Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan

Nah selain mengetahui kalau kucing makan daging sapi ternyata boleh. Kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam menyajikan.

Baca juga: Kucing Makan Buah: Daftar Buah Yang Aman & Berbahaya

Ya setidaknya ikuti beberapa hal yang badilag sampaikan di bawah:

1. Proses Pemasakan Harus Matang Dan Tidak Tercampur Bumbu Manusia

Pastikan daging sapi benar-benar matang sebelum kalian sajikan. Kucing sebaiknya tidak memakan daging sapi mentah atau setengah matang karena ini dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Kecuali kalau ras-nya memang seperti itu.

Tak lupa, jangan berikan bumbu manusia apapun.

2. Potongan Daging Harus Kecil

Potong daging sapi menjadi potongan kecil agar kucing lebih mudah mengunyahnya. Jika kamu punya alatnya, bisa blender atau cincang saja.

3. Selalu Awasi

Awasi kucing Anda saat dia makan daging sapi. Pastikan dia mengunyah dengan baik dan tidak tersedak. Apalagi tektur dari daging sapi kan kenyal banget tuh.

4. Berikan Cuma Sebagai Selingan

Berikan makanan ini dalam jumlah sedikit karena berposisi sebagai sebagai camilan, atau tambahan

Nah kurang lebihnya ialah seperti itu. Pada intinya kamu bisa membiarkan kucing makan daging sapi, tapi dengan catatan harus menyajikan dalam kondisi matang.

Atau setidaknya lihat informasi yang sudah kami berikan.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *