Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Kucing Cacingan Warna Putih: Jenis, Penyebab, Dan Obat Terampuh

Kucing Cacingan Warna Putih

Penyakit kucing cacingan warna putih kerap menjadi biang kerok ketika anabul terlihat makan banyak namun badannya gak gemuk gemuk.

Apalagi jika kamu mendapati berapa pun makanan yang ia makan, namun berat kucing tidak kunjung bertambah, maka ada indikasi kalau kucing cacingan itu benar benar terjadi.

Terlebih bila pada akhirnya di kotoran kucing ada cacing putih, tentu itu menjadi tanda paling khas yang bakalan memastikan infeksi penyakit tersebut.

Dan kalau sudah seperti itu, artinya kamu harus segera memberikan pertolongan dengan memberikan pengobatan kepadanya.

Atau paling tidak, cari tahu dahulu beberapa hal yang berkaitan dengannya.

Kucing Cacingan Warna Putih

Kucing Cacingan Warna Putih

Berbeda cerita dengan cacing tanah yang kerap berwarna coklat, kalau cacing parasite yang suka hidup di dalam tubuh hewan malah cenderung memiliki warna putih.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Kucing Cacingan Dengan Air Garam Yang Benar

Begitupun dengan yang suka hinggap di badan kucing. Semua jenis cacingnya bewarna putih.

Paling yang membedakan diantara mereka adalah ukurannya. Misalnya ada yang ukuran panjang mirip gelang, ada yang kecil seperti beras, dan beberapa bentuk lainya.

Pokoknya kalau mau tahu lebih banyak terkait jenis, penyebab, dan obat cacing kucing, silahkan lihat informasi berikut.

Jenis Kucing Cacingan Yang Warna Putih

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui soal cacing pada kucing adalah terkait jenis jenisnya. Sebab dengan mengetahui jenis cacing, maka akan membuat kamu jadi lebih ware terhadap penyakit tersebut.

Apalagi ketika catslover nanti memilih untuk mengobati kucing secara mandiri, tentu butuh banyak informasi yang berkaitan dengannya.

Baca juga: 6 Gambar Gigitan Kutu Kucing, Cek Biar Tahu Karakteristiknya

Sehingga nanti diharapkan akan lebih tepat dalam mengobati kalau sudah paham betul terkait jenis cacing apa yang menginfeksi kucing.

Kemudian terkait jenis kucing cacingan yang warna putih tersebut, berikut informasinya.

1. Cacing Tambang

Cacing jenis ini biasanya akan menempel ke permukaan kulit dan dapat menyebabkan penurunan berat badan secara terus menerus, lalu bisa juga mengakibatkan luka pendarahan, serta anemia.

Makanan Kucing murah

Bahkan puncaknya juga bisa merusak lapisan usus kucing. Makanya Anda perlu berhati hati dengan jenis ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Makanan untuk Kucing Cacingan, Ga Boleh Asal!

2. Cacing Gelang Usus

Cacing gelang usus yang suka menyerang anabul umumnya terdiri dari dua jenis. Yaitu Toxocara cati dan Toxascaris leonine.

Nah biasanya infeksi ini terjadi kepada empus yang suka makan hewan liar secara sembarangan. Contohnya adalah tikus, kecoa, dan lainya.

Sehingga ketika anabul memakan itu, maka nanti telur cacing ada ada di dalam hewan mangsa tersebut akan berpindah ke kucing seiring dimakannya hewan tersebut.

Kadang pula, beberapa terjadi akibat tertular lewat makanan maupun minuman.

Contohnya kitten yang tertular lewat asi kucing.

Adapun ciri khas dari jenis cacing ini adalah adanya cacing putih dari dubur kucing yang berukuran panjang dan kerap melingkar seperti gelang.

3. Cacing Pita

Mungkin diantara kalian ada yang sering mendengar ada cacing pita di babi maupun sapi. Dan usut punya usut, ternyata di kucing juga suka ada.

Dan ciri umumnya bagi yang sudah terinfeksi parah adalah adanya cacing kucing seperti beras pada tubuh, fases, ataupun dubur kucing.

Kemudian terkiat jenis cacing pita yang kerap menyerang, umumnya berjenis Dipylidium caninum dan Taenia taeniaeformis yang ditularkan melalui kutu.

Jadi harap waspadai ketiga cacing parasite ini yah.

Penyebab Kucing Cacingan Warna Putih

Selain mengetahui jenis jenisnya, tentu sebagai pemilik hewan harus tahu alasan kenapa anabul bisa terjangkit parasite semacam itu.

Sehingga nanti diharapkan kedepannya bisa mencegah kucing agar tidak terjangkit lagi dengan cara menghindarkan empus dari penyebab penyebabnya.

Kemudian terkait penyebab apa saja yang bikin kucing cacingan warna putih adalah sebagai berikut.

  1. Tertular Lewat kutu kucing
  2. Tertular lewat ASI kucing
  3. Terjangkit akibat makan hewan liar yang sudah terkena cacingan
  4. Terjangkit cacing lewat makanan yang sama dengan kucing yang terinfeksi

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Kutu Kucing Yang Menghitam

Nah itulah penyebab kenapa anabul bisa terkena cacingan juga.

Obat Kucing Cacingan Warna Putih

Bagi mereka yang ingin mencari obat kucing di apotik, maka sah sah saja untuk dilakukan.

Yang penting tahu merk apa yang harus dibeli, kemudian dosis dan aturan pakainya juga perlu mereka ketahui.

Baca juga: Dosis Combantrin untuk Kucing Dan Takaran yang Tepat

Kalau sudah yakin akan membelinya, maka admin punya beberapa rekomendasi yang bisa catslover coba. Dan berikut adalah daftarnya.

  1. Fenbendazole
  2. Praziquantel
  3. Pirantel Pamoat
  4. Albendazole
  5. Ivermectin

Silahkan coba beberapa rekomendasi obat kucing cacingan warna putih di atas kalau memang mau mencoba mengobati kucing lewat obat obatan apotik.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Sebagai pengalaman, saya pernah memelihar kucing sekaligus membuat website panduan memelihar kucing sampai dua kali. Dan untuk saat ini, saya sendang mencoba membuat situs kucing sedari awal yang lebih baik untuk pengganti situs yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *