Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

10+ Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Terbaru 2024

cara membuat makanan kucing kampung

Sebagai catslover, tentunya kalian harus tahu cara membuat makanan kucing kampung dengan benar agar tidak salah dalam meraciknya.

Cara ini begitu efektif dan praktis sehingga kedepannya bisa menghemat biaya.

Dan dalam proses pembuatannya juga tidak sulit serta bisa pakai bahan yang ada disekitar kita. Jadi benar benar tidak menyulitkan sama sekali.

Yang penting kalian tahu saja, mana merk makanan kucing yang berbahaya dan mana yang aman buat mereka.

Baru nanti bisa berkreasi dengan berbagai ilmu yang sudah diketahui.

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung

cara membuat makanan kucing kampung

Kucing kampung biasanya tidak susah dalam perawatannya, begitu juga untuk makanan sehari-hari. Bahkan pemilik bisa membuat sendiri.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Kucing Grain Free Berkualitas

Biar kucing menjadi sehat dan cepat gemuk maka ada cara mudah untuk meraciknya. Berikut adalah beberapa panduan mengenai cara pembuatan makanan kucing kampung yang benar.

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Dengan Ikan Dan Tempe

Jika kalian ingin membuat makanan kucing yang berasal dari campuran ikan dan tempe, maka boleh saja. Asalkan untuk kucing kampung yah.

Kalau misalkan untuk kucing ras mah jangan. Sebab itu terlalu berbahaya buat pencernaan mereka yang tidak terbiasa. Terutama pada tempenya.

Terus kalau misalkan mau berikan ini. Sebisa mungkin perbandingannya lebih banyak ikan dari pada tempe.

Baca juga: Habbatussauda untuk Kucing: Suplemen Alami untuk Anabul

Misalkan ikannya dua sendok, maka tempenya 1 sendok saja. Lalu untuk proses cara membuat makanan kucing kampung ikan dan tempe adalah sebagai berikut:

  1. Rebus ikan dan tempe yang akan diolah
  2. Setelah matang, kalian bisa takar keduanya dengan perbandingan 2:1
  3. Kemudian hancurkan/ blender keduanya agar bisa tercampur secara merata
  4. Silahkan sajikan ke kucing dengan segera

Selain memberikan dalam bentuk yang biasa, kamu juga bisa jadikan bulat bulat kecil kayak mirip kibble. Sebab tektursnya kan lembek, jadi mudah kalian bentuk.

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Dari Nasi Dan Ayam

Ini merupakan salah satu yang paling sering dilakukan oleh para catslover ke kucing liar atau kucing kampung.

Yaitu memberikan makanan berupa campuran daging ayam sisa dengan nasi. Biasanya mereka kasian saat melihat kucing kelaparaan.

Akhirnya karena tidak punya dryfood cat, mereka memutuskan untuk memberikan nasi yang dicampurkan ayam goreng atau rebus.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Ayam Goreng? Ini Penjelasan Dari Ahli Kucing

Tujuannya biar nasinya amis dan termakan. Dan sesuai sifat asli nasi yang mengenyangkan. Tentu kucing jadi kenyang.

Adapun jika kalian juga mau melakukannya, silahkan lihat informasi tentang cara membuat makanan kucing kampung di bawah:

  1. Ambil nasi dan dinginkan
  2. Cuil sedikit ayam goreng atau ayam rebus
  3. Campurkan kedua bahan tersebut dengan cara diremas
  4. Kalau dirasa semua nasi sudah berbau amis, silahkan sajikan
  5. Anda tidak perlu memberikan terlalu banyak, ya sewajarnya saja

Mengingat nasi itu bikin kenyang, jangan samakan porsinya dengan makanan kucing kering yah?

Kamu cukup memberikan makanan kucing liar kampung ini sekitar 75% dari ukuran dryfood cat.

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Dengan Nasi Dan Ikan

Sama saja dengan proses pemberian nasi ayam, untuk campuran ikan juga sama.

Paling sering dilakukan berbarengan dengan majikan yang sedang makan. Jadi umumnya tuannya akan menyisikan sedikit nasi dan ikan untuk kemudian mereka berikan ke empus.

Baca juga: 7+ Daftar Makanan Kucing Kampung di Petshop & Tips Memilihnya

Sementara itu, bagi yang mau membuatnya sedari awal, bisa ikuti metode di bawah:

  1. Masak Nasi seperti biasa
  2. Rebus ikan tanpa bumbu apapun
  3. Kemudian ambil takaran 1:1 (opsional)
  4. Campurkan keduanya sampai merata dan nasi berbau amis
  5. Sajikan ke kucing sebagaimana porsi biasanya

Mudah sekali bukan? Sebenarnya kalau kalian memang tiap hari menu makanannya berbau amis, bisa lakukan hal semacam ini terus menerus.

Atau bila kalian memang punya uang lebih. Tidak ada salahnya untuk membeli makanan kucing kering semacam Felibite.

Toh banyak juga orang yang memberikan merk ini ke kucing liar karena saking murahnya.

Cara Membuat Makanan Kucing Kampung Nasi Dan Telur

Untuk metode pemberian makanan kucing yang satu ini, sebenarnya kurang populer. Namun masih ada saja yang melakukannya.

Sebab telur sendiri kan berbau amis. Jadi dapat merangsang nafsu makan empus. Terutama saat ia merasa lapar.

Baca juga: Telur Mentah Untuk Kucing? Cek Manfaat & Efek Sampingnya

Adapun mengenai cara membuat makanan kucing kampung nasi dan telor, bisa ikuti beberapa tutorial di bawah:

  1. Ambil Nasi secukupnya
  2. Ceplok telor ayam setengah matang (Biar amisnya lebih kuat)
  3. Kemudian campurkan keduanya
  4. Sajikan ke kucing pas udah agak dingin

Sebenarnya minyak itu gak baik buat kucing. Tapi karena ini adalah kucing kampung liar yang sudah terbiasa, maka bisa dikecualikan.

Namun kalau sudah mampu, akan lebih baik jika beli cat food saja.

Memberikan Kucing Makanan Sisa

Sebagai manusia memang tidak terlepas dari menyisakan makanan, meski hal ini sangat tidak baik karena mubadzir, namun kamu bisa mengakalinya.

Yaitu dengan memberikan ke hewan seperti kucing. Asalkan yang amis amis yah.

Baca juga: 4 Cara Membuat Makanan Kucing dari Nasi Terbaru

Contohnya saja pemilik kucing memiliki sisa makanan nasi, tempe, dan ikan, maka bisa mencampurkannya pada sebuah wadah dengan cara di remas.

Yang penting pastikan baunya amis. Sebab empus sangat suka menyantap makanan jika memiliki bau yang amis. Sementara kalau tidak, malah kadang gak mau.

Dan jangan lupa juga, selain memberikan makanan sisa tersebut, kamu juga bisa menambahkan sedikit untuk minumnya di wadah yang berbeda.

Dengan demikian kucing tersebut lebih mudah dalam mencerna makanan, karena sudah ada minumannya. Tahu sendiri kan, nasi bikin seret.

Cara Memasak Yang Umum Dilakukan Untuk Pembuatan Makanan Kucing Kampung

Sedikit berbeda dengan pembuatan makanan kucing ras yang biasa kita pelihara, untuk kucing kampung liar memang agak jor joran.

Hal tersebut karena pencernaan mereka yang sudah terbiasa.

Baca juga: Apakah Kucing Kampung Bisa Gemuk? Cek Jawaban Berikut

Tidak hanya itu, kadang orang mikirnya adalah “daripada mereka kelaparan, masih mending aku kasih makan kan? Walaupun sekedar dengan nasi dan lauk ikan”.

Makanya memang ala kadarnya. Jadi kalian bisa memiliki opsi memasak yang lebih luas. Seperti contohnya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Makanan Kucing Dengan Proses Merebus

Cara pertama pemilik dapat membuat makanan kucing dengan merebus berbagai bahan terlebih dahulu, sehingga sangat mudah.

Tentunya bahan yang telah melalaui proses perebusan akan membuat bakteri jahat hilang.

Selain itu makanan yang sudah kalian rebus, bakalan jadi mudah untuk mencampurkannnya juga.

Misalnya saja pemilik dapat merebus sebuah ikan terlebih dahulu agar mudah dalam memisahkan dengan duri yang banyak.

Selain itu dengan cara merebus, maka protein ikan tersebut tidak akan terbuang sia-sia. Tapi pastikan kamu sudah melakukan pemisahan duri dari ikan juga yah.

Agar kucing mudah dalam mencerna makanan tanpa takut tersedak.

Dalam praktiknya, sebuah makanan kucing yang melalui proses perebusan terlebih dahulu akan lebih sehat dan juga aman.

Walaupun kucing kampung juga bisa makan yang versi mentah tanpa melalui proses pemasakan terlebih dahulu.

Namun jika kamu mampu, sebaiknya masak aja dahulu.

2. Melalui Proses Penggorengan

Cara yang kedua pastinya sudah banyak yang mempraktikkannya.

Karena dengan menggoreng bahan makanan kucing maka lebih menggugah selera makan.

Baca juga: 6+ Cara Membuat Makanan Basah Untuk Kucing Yang Murah

Seperti halnya proses perebusan untuk makanan dengan goreng dahulu lebih baik. Bakteri atau kuman pada bahan makanan akan hilang.

Kemudian pemilik juga perlu berhati-hati dalam melakukan proses cara membuat makanan kucing kampung agar dalam takaran yang pas.

Dan kalau boleh saran, dalam penggorengan bahan makanan kucing ini lebih baik tidak terlalu matang agar terasa segar dan berbau amis.

Malah biasanya, orang orang mencampurkan makanan yang di goreng itu dengan nasi.

Misalnya saja dalam pengolahan ikan laut maka pemilik menggoreng terlebih dahulu baru nanti campurkan dengan nasi.

Cuma kalau misalkan buat makanan kucing Anggora dan sejenisnya, sebaiknya hindari minyak minyakan. Jadi proses penggorengan ini hanya diperuntukan untuk kucing kampung yang terbiasa.

Ketentuan Dalam Mengolah Makanan Kucing Kampung

Sebenarnya dalam membuat atau mengolah makanan untuk kucing kampung ini sangat gampang sekali karena bahan yang kalian perlukan mudah untuk didapat.

Apalagi kucing kampung juga mau memakan segala hal, bahkan sisa makanan sekalipun.

Jadi tidak ada ketentuan khusus dalam pembuatan makanan kucing ini.

Yang penting kalau bisa, pemberian makanan kucing ini kalian lakukan 3 kali dalam sehari sehingga tidak bakalan kelaparan.

Ok kawan? Kira kira itulah artikel tentang cara membuat makanan kucing kampung. Semoga bermanfaat yah kakak.

Badilag Seorang pecinta kucing yang suka dengan tingkah lakunya dan ingin meniru Rasulullah yang memuliakan hewan berkaki empat tersebut. Bahkan sampai pernah bikin dua situs kucing terkenal. Dan di situs kali ini, saya ingin membuat situs yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *